Halaman

Jika anda membutuhkan kamar kost di Jogja, silahkan sarankan blog ini kepada rekan dan teman yang lain, suatu saat anda pasti membutuhkan database info kost jogja ini. Untuk pemilik kost/kontrakan kamar tentunya juga anda harus memasang iklan disini. Jangan lupa, promosi online di internet sekarang menjadi suatu keharusan, karena mahasiswa mencari kost sudah lebih sering memakai internet karena efektivitasnya yang tinggi.

Cari Kost? disini aja! Pasang iklan kamar kost? ya disini!

mau pasang iklan kamar kost anda, silahkan klik disini
biaya murah, sampai laku!

29.12.12

Tips Memilih kost

Kost Jogja, mau tahu cara pilih memilih kost secara umum biar terasa betah, ada baiknya membaca tips dan trik berikut, Kost di Jogja jadi asyik :) Jadi baiklah, mari kita memulai tips memilih kos yang baik dan bijak:

1. Mau tinggal di hotel atau ngekos sih?
Mau ngekos di kamar ber-AC, kamar mandi dalam dan TV cable? Ya boleh-boleh aja lho selama memang mampu, hihi.. Tetapi yang paling penting, sebaiknya biaya sewa kamar kos yang sesuai dengan kebutuhan kita aja deh. Inget lho, jaman kuliah itu banyak banget aktivitas yang dikerjain diluar kamar, jadi paling kita di kos cuma pas pagi dan malam hari doang. Apalagi waktu ngekos dulu
buat daku, lebih baik uang bulanannya bisa spare lebih banyak buat makan enak dan beli pulsa daripada untuk kamar yang ‘fancy’, hihi. Apalagi kalo nonton TV, jaman daku kos dulu, kami lebih demen nonton rame-rame di satu kamar, jadi berasa lebih irit dan akrab.

2. Pilih kesebelasan atau rombongan suporter?
Kalo bisa pilih tempat kos yang kamarnya gak gitu banyak, maksimal 20 kamar kayaknya udah rame banget tuh. Kamar kos tempat daku yang cuma belasan aja berasa rame banget, karena semuanya ngerasa pemain lenong. Tambah berisik lagi kalo pada heboh mau nentuin makan apa hari ini, nonton drama korea rame-rame, sampe maen game LAN bareng-bareng. Sebenarnya yang paling penting adanya toleransi, jadi ketenangan masih bisa terjaga. Inget lho, jam dan metode belajar tiap anak kos itu beda-beda. Kayak daku, paling gak bisa kalo ada suara musik, karena adanya pengen ambil mic dan ikut nyanyi *dijorokin ke jurang*

3. Makan apa makan apa sekarang?
Penting banget! Carilah tempat kos yang deketan dengan berbagai warung murah! Daku dulu beruntung banget di deket kos ada warung nasi, bubur, nasi goreng, sampe burger abal-abal. Jadi kalo laper tinggal koprol 3 kali udah nyampe, hihi. Karena bagaimana pun juga, anak kos itu biasanya paling males masak, jadi kalo laper tinggal beli deh. Kalau dulu di kos daku, sering banget sarapan mpe makan malam bareng, udah kayak kembar dempet belasan orang. Terus kalo bayar biasanya tinggal urunan maksimal sepuluh ribuan, perut kenyang hati senang, dan ngelirik sadis sama anak kos yang makannya lebih banyak, karena bayarnya sama, haha.

4. Kami kan bukan satpam…
Keamanan kos itu penting banget. Jujur aja, selama daku ngekos yang namanya sepatu hilang ada kayaknya 20 pasang lebih, sedangkan temen-temen kos ada yang pernah kehilangan hape. Memang rada susah kalo ngekos yang aksesnya rada terbuka, cuma ada pintu gerbang doang. Tapi kalo namanya betah, mau ilang benda beharga kadang jadi dicuekin, du du du. Tapi menurut daku, kalo mau aman, cari kos yang punya dua lapis akses masuk, jadi gak sembarangan orang bisa masuk ke lokasi kos.

5. Kamar daku nyaman deh!
Anak kos rentan sakit. Mulai dari flu sampe demam berdarah. Kenapa? Ya karena anak kos biasanya makan gak teratur sampe kurang menjaga kebersihan kamar. Karena itu, kalo bisa pilih kamar yang punya jalur udara (berjendela) yang baik dan gak lembab, jadi kamar cukup sehat untuk ditempati. Kalau kamar daku dulu, kebetulan di lantai dua, jadi kalo buka jendela udaranya asik banget! Tapi paling serem kalo malem, suka bayangin ada kepala tiba-tiba nongol *curcol*

6. Jangan herder doang yang jaga…
Menurut daku, penting ada bapak dan ibu kos, atau minimal keluarga dari pemilik kos yang jaga. Kenapa? Karena mau gak mau ada rasa segan dari anak-anak kos kalo mau berbuat yang aneh-aneh. Selain itu kalo ada saran perbaikan kos bisa langsung disampein. Karena di kosan, apalagi kalo cowok semua, bawaannya males bersosialisasi ma ‘orang rumah’, jadi memang kudu ada satu perwakilan yang dikorbanin untuk bantu bicarain permasalahan yang ada di kos, hihi.

7. Mereka keluarga, bukan sekedar teman.
Satu indikator yang membuat kita betah di kosan adalah temen-temen kos. Kebetulan daku selalu dapat temen kos yang gokil, asik, dan udah kayak saudara sendiri. Sampe-sampe barang-barang kami pun berputar seenak jidat, hari ini bisa pake jaket si A, besok pake sepatu si B, besoknya lagi pake sabun mandi si C, hihi… Intinya berbagi. Karena sama-sama jauh dari keluarga, siapa lagi yang bisa merhatiin kita kalau bukan temen kos? Daku masih inget banget, jaman kalo sakit, ya mereka yang nganterin ke dokter, beliin makan tiap hari, bikinin susu, sampe nyuciin baju*plak!*. Oke yang terakhir gak termasuk, haha.

disadur dari : http://dimasnovriandi.com/17-cup-tips-memilih-kos-ala-dimas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar